Bagaimana Restores Backup Driver saat Install Ulang Windows

Masalah driver adalah hal yang sering terjadi keti mengintall ulang Windows. Sedikit solusi menggunakan DriverMax semoga membantu. Dengan driverMax anda bisa membuat backup seluruh driver komputer dengan mudah. Software ini tersedia gratis untuk backup dan restore driver komputer. Tapi jika ingin fitur lebih silahkan beli lisensinya.

DriverMax

Sekilas DriverMax. DriverMax adalah software yang memang khusus didesain untuk Windows. Tujuannya untuk membuat backup seluruh driver komputer dengan mudah dna mempunyai fitur restore. Software tersebut tersedia gratis dan bisa di download di situs resminya http://www.drivermax.com/. Silahkan download yang versi gratis. Semua fiturnya berfungsi tanpa pembatasan kecual fitur “automatic driver updater”. Karena fitur tersebut ada di versi berbayar.

Bagaimana Cara Membuat Backup Driver Komputer

Sebelum melakukan install ulang komputer sebaiknya backup di lakukan. Kecuali anda masih mempunya CD installer driver yang asli. Jika tidak maka anda akan kebingunngan mendownload ulang semua driver komputer tersebut.

Terus bagaimana cara membuat backup driver untuk komputer tersebut. Silahkan ikuti langkah-langkahnya. Saya asumsukan anda telah menginstall DriverMax di komputer anda.

  • Silahkan jalankan software DriverMax. Lalu pilih Backup.
  • Terdapat dua pilihan untuk backup. Tapi yang saya pilih adalah “Create driver backup archive”. Alasannya karena lebih flexible menurut saya.
  • Silahkan pilih “Create driver backup archive”. Maka software tersebut akan menscan dan menampilkan list semua driver komputer anda.
  • Pilih driver yang mau di backup. Kalau ingin praktis pilih saja semuanya. Tapi akan membutuhkan waktu yang lebih lama.
  • Klik tombol “Backup” kalau sudah siap. Semua data backup akan disimpan di “MyDocument/MyDrivers/” dalam bentuk ZIP. Silahkan pindah dari lokasi penyimpanan default karena biasa “MyDocument/MyDrivers/” ada di drive C.

Sekarang anda sudah mempunyai backup untuk driver komputer anda. Driver tersebut bisa digunakan sewaktu-waktu anda membutuhkan.

Bagaimana Cara Restore Semua Driver Komputer

Setelah selesai menginstall ulang Windows yang pertama kali dilakukan adalah menginstall driver. Dengan backup yang sudah dibuat diatas anda tidak perlu bingung. Silahkan install lagi DriverMax agar lebih mudah. Kalu sudah siap ikuti langkah-langkahnya.

  • Klik tombol “Restore” di DriverMax.
  • Pilih “Restores from a previously created backup” lalu klik next.
  • Software tersebut akan mendeteksi keberadaan backup yang dibuat menggunakan DriverMax. Kalau tidak terdetect silahkan klik tombol “Load” untuk memasukkan data backup secara manual.
  • Kalau sudah siap klik “Restore” maka semua driver komputer akan direstore dengan cepat.

Dalam kasus ini saya asumsikan anda menginstall ulang versi Windows yang sama. Jika anda mengganti versi Windows dengan yang lebih baru ada kemungkinan driver tersebut tidak kompatible dengan yang baru. Solusinya juga ada di DriverMax yaitu menggunakan fitur “Driver Update” tapi membutuhkan koneksi internet.

Di tutorial ini saya fokus menggunakan DriverMax. Alternative software lainnya yang bisa digunakan ada banyak. Diantaranya Uniblue DriverBooster, iObit Driver Scanner, SuperEasy DriverUpdater dll. Silahkan pilih yang sesuai dengan anda. Dan semoga tutorial singkat ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s